jump to navigation

SOHC vs DOHC pada New Vixion dan CB150R December 9, 2012

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: , , , , ,
trackback

Kehadiran Yamaha New Vixion dan Honda CB150R sudah tinggal menghitung hari. Honda sudah jelas2 menabuh genderang perang untuk merebut mahkota di kelas motor sport 150 cc yang selama ini masih dipegang oleh Yamaha Vixion. Perang terbuka bahkan sudah dimulai jauh sebelum peluncuran resmi keduanya yang direncanakan medio Desember 2012, tepatnya di ajang Jakarta Motorcycle Show awal November 2012 yang lalu.

Components of a typical, four stroke cycle, DOHC piston engine. (E) Exhaust camshaft, (I) Intake camshaft, (S) Spark plug, (V) Valves, (P) Piston, (R) Connecting rod, (C) Crankshaft, (W) Water jacket for coolant flow.

Kedua motor ini, mengusung spec mesin yang sama sekali berbeda sekalipun mengusung kubikasi yang sama , 150 cc. Honda mengusung teknologi DOHC 4 klep pada CB150R berbanding dengan teknologi SOHC 4 klep pada New Vixion. Lalu berdasarkan perbedaan teknologi tadi, bagaimana karakter masing2 mesin? Pastinya ada perbedaan yang menentukan kelebihan dan kekurangan masing2 mesin.Dengan menggunakan noken as tunggal, tipikal mesin Vixion adalah overstroke atau jug dikenal dengan under square atau langkah lebih panjang dari diameter piston (bore x stroke Vixion 57 x 58,7 mm). Mesin ini punya karakter yang responsif di putaran bawah dan lebih cepat mencapai power tertinggi.

Pada CB150R dengan menggunakan dua noken as, maka tipikal mesin CB150R adalah overbore, dikenal juga dengan over square dimana diameter piston lebih besar dari panjang langkah (bore x stroke CB150R 63,5 x 47,3 mm). Jika masing2 noken as melayani sepasang klep untuk intake  dan exhaust  maka ‘beban’ mesin CB150R lebih berat. Mesin seperti ini mempunyai karakter ‘napas panjang’, tenaga lebih tinggi bisa didapatkan pada RPM yang lebih tinggi.

Double overhead cams control the opening and closing of a cylinder’s valves.
1. Intake
2. Compression
3. Power Exhaust

Besaran keluaran power  pada kedua motor tersebut juga relatif jauh berbeda, CB150R dengan DOHC, memiliki keluaran 17.51 dk dan Vixion dengan SOHC dengan power tertinggi pada 14,88 dk. Menurut Tomy Huang, juragan BRT Cibinong, “Jumlah klep menentukan power  motor. Jadi dengan sama2 4 klep, maka dua produk tersebut bisa sebanding.”

Ulasan diatas hanya memuat analisa yg murni berdasarkan spec mesin yang berbeda khususnya DOHC dan SOHC. Untuk performa keseluruhan ada banyak faktor2 lain yang mempengaruhi dan berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan masing2 produk.

Sumber:

About these ads

Comments»

1. Yoshi - December 9, 2012

jadi pilih yang mana?

2. Asys Fandi - December 10, 2012

sohc aja deh dah cukup..( mungkin biaya perawatan lbh murah)..hehe

3. boerhunt - December 10, 2012

tinggal pricing strategi yg berbicara..dan perang mindset..

nitip masbro..
http://boerhunt.wordpress.com/2012/12/10/emangnya-cuman-ente-yang-punya-telinga/

4. Abbee - December 10, 2012

Ane msh jagoin new vixi

5. achmad grand pacul - December 10, 2012

DOHC = mesin kompresi tinggi harus pertamax, boros, biaya part mahal
SOHC = mesin kompresi tidak terlalu tinggi, bisa premium, irit, biaya part lbih murah
ITU SDH KODRAT BRO BUAT KEDUANYA :)

kuser - December 16, 2012

setuju bro,,,

6. wangwa - December 10, 2012

gwe bukan fans boy buta. mengakui dengan jujur bahwa dohc apalagi 6 speed lebih memberi nilai lebih. apalagi yang doyan jarak jauh.ga kuatir motor digeber pada rpm tinggi yang tentunya kelebihan dari dohc. menggunakan sohc udah bosen apalagi yang cuma 5 speed. rasa rasa mx gitu.

7. the honjo - December 11, 2012

anggapan orang bahwa mesin dohc galak putaran atasnya, sedang sohc menang torsi tidak sepenuhnya benar. mau galak diputaran atas atau bawah, tergantung maunya sang desainer, nggak ada hubungannya sama jumlah cam.
sohc kalo kalo overbore juga galak di putaran atas, contohnya……apa ya ? bingung
dohc kalo over stroke juga bakal unggul di torsi bawah, contohnya HD V-rod itu dohc kan ?

pak tarno - December 3, 2013

sohc overbore tapi galak tarikannya ya scorpio, colek dikit langsung wusssssss.
dphc yg gak bisa lari kenceng ya special engine, alais motor trail kan ada tuh yg dohc, tapi diseting torsi gede (cmiiw)

8. andre455 - December 13, 2012

sekedar info tambahan ttg ‘nafas panjang’ pada CB150R, fresh dari om kompas…
http://otomotif.kompas.com/read/2012/12/13/5817/Honda.CB150R.StreetFire.Punya.Nafas.Panjang

9. irfannabag - December 15, 2012

vixion tu dah terbukti mesin bandel, irit n gak rewel, tapi pengen juga nyoba sesuatu yang baru maen DOHC

kuser - December 16, 2012

yg terbukti mesin bandel, irit n gak rewel honda dri dlu jg bro,,

10. Cput numpak CB-Revo - December 17, 2012

wih banter ki CB150R gag kalah karo CB lawas..kwkwkwkw

11. iwan Dylan - December 17, 2012

kliatannya honda akan meneteskan air matanya.
new Vixion ttp no wahid

gaul - December 19, 2012

wahid dengkulmu kui,.anak kecil berlagu lo vixion SOCH aja bangga loo

Rajo - March 14, 2013

Mungkin wahid untuk penjualan nya bro.. dan itu bener.. lumayan jauh bro beda nya… tp kl ente ngerendahin SOHC.. keliatan kurang pinter ente bro G4UL.. :D wong di mobil2 honda aja yang dibawah 3000cc kebanyakan SOHC.. dan banyak jd juara tuh. pinter dikit yah lain kali.. dewasa lebih cepat ngga salah… :P dan ternyata power diatas dyno lebih tinggi vixi.. jd SOHC apa DOHC diantara cb sm vixi lebih superior SOHC. itu tinggal masalah design dan pinter2 nya teknisi masing2.. jd belum tentu DOHC pasti menang dan dibangga2in :)

12. Diaz - December 28, 2012

Yang punya new vixion . boleh tuh gue tantang dengan cb150ane .. biar gak cuma punya mulut cewek yg cuma bisa coment ..
ane tunggu di 089624443330 ..
masalah jalan gak usah hawatir .. di akses tol suramdu area bangkalan .. tack lurus sejauh 19Km …

Rajo - March 14, 2013

Ealah ente mau turing apa mau balapan? dimana2 400m udah cukup kl track lurus.. ga usah 19KM.. wkwk

kinna watti - February 2, 2014

Udah kebukti brot, vixion ane selalu keok lawan CB,,,,itulah alasanya ane tukar tambah vixion ane ama SF,,,ternyata memang ajiiiiiiipppp…

13. Jhank - January 2, 2013

Yoi bro gue stuju bahwa CB150R Emang no “wahid (1)” bro.

ynk sdh trlnjur bli V-IKION jngan sdh entar klau pnya “REZEKI PLUS” bisa bli CB150R ok bro…….!

14. achonk - January 9, 2013

Seperti mottonya……..Yamaha semakin ketinggalan!!!
lok tanding antara V-VIXION MA CB……jelas gue dukung CB pasti menang

15. jhon - January 13, 2013

betul tu bro….
cb 150 r emang mantab……
vixion gak bisa ngikutin….:D

16. GLKing - January 15, 2013

Dua merk dengan dua engine berbeda engineering pasti memiliki karakteristik yang berbeda.

Mungkin kita bisa lebih bijak dalam menanggapi perbedaan yang ada. Tidak perlu adu argumen masalah kcepatan dan tenaga motor yg berujung pada perpecahan di bangsa sndiri.

Toh kecepatan&tenaga tidak bakal digunakan maximal setiap waktu naik motor. Jadi, ngapain harus ribut2??

Setiap orang punya taste, kebiasaan dan kesukaan masing2. baik itu masalah tampilan, tenaga, kecepatan, dll.
tinggal kita memilih sesuai kesukaan, kegemaran dan kemampuan kita masing2.

Salam damai dari GLKing

Rajo - March 14, 2013

Setuju bro.. mungkin ente udah dewasa.. yg fanboy2 ini ga ada kerjaan nun labil.. tp emang harus di didik. biar ngga malu2in sm yg nyiptain. jgn patah semangat bro :D

17. TUKANG OJEK - January 20, 2013

HEHEHE………satu hati,,,satu rasa,,satu jiwa !!!!!!!!

apapun motornya yang penting PISS

18. gilang - February 9, 2013

kalo loe pada disuruh milih, antara new vixion dan cb 150r… loe lebih milih mana?

19. pahrul - February 17, 2013

Dari harga z uda ktauan mna yg lbih unggul….. Harga gk bsa boog bro!!

Ane plih cb150r lbih brani dgn msin dohcx… Itu bru mtor laki…he

Rajo - March 14, 2013

Harga lebih maha vixion om :D jd yg boong siapa? CB 22,4 Vixi 22,2 & 22,6 (Ks)

Randy Saichi - May 15, 2013

harga CB150R dah jelas NAIK .. kemaren ane baru beli harganya dah Rp.22.520.000..

vixi msh harga lawas

20. zoel - February 23, 2013

jelas HONDA CB150R yg paling unggul,….
yg punya vixion new awas ketukar sm byson.hahaha
soal’a mirip tu.

Rajo - March 14, 2013

Nah ini.. kurang ilmu tp PD.. paling ngga ada PD nya bagus… hehe.. ngga usah dikomentari lah soal kesukaan model yg orang suka bro. ga ada abisnya.. nnt orang bilang cb kyk megapro lawas modif lampu depan kan bisa aja,, manusia diciptakan dgn cipta rasa karya karsa yg beda2.. ngga usah bilang model yg ente suka yg terbaik..

21. Rajo - March 14, 2013

ealah ini yg udah terlanjur komen2 fanboy honda ternyata cuma menang diatas kertas.. di atas dyno aja powernya lebih tinggi new vixi.. si bos BRT bandingin sm vixi lama kali itu power nya.. jd ya terang kalah.. Udah gitu berat isi motor nya juga beda 15Kg an.. jd power to weight ratio nya tambah kalah lg.. dan lagian DOHC nya beda sama Dohc CBR.. si CB ini mau ngejar torsi jg.. makanya faktanya tarikan bawah lebi enak CB dibading CBR… tp untuk atas nya masih loyo.. dan diasil silinder sama forged piston yamaha jgn dilupain.. harga nya aja bisa berkali2 lipat dibanding piston biasa.. jd kl mau nge fans yg luas pandangan nya bro. jgn terlalu brand minded lah.. yg diuntungin perusahaannya kok ngoyo2 unjuk gigi pdahal kenal sampeyan juga ngga perusahaannya. beli motor ya dinikmati aja.. kl udah beli salah satu nya dinikmati aja ga usah dinilai2. jd panjang gini tulisan ane… Wkwkwk

inot - March 25, 2013

omongan bosookk rajo maho…

22. mbe - March 17, 2013

cb150r body nya mirip sm vixion lama…mau nyari keberuntungan dr vixi kali ya…penjualannya sukses soalnya…stelah cb150r dan new vixi diluncurkan…kyknya new vixi yg pling byk gue liat di jalanan…brarti new vixi mmg lbh oke drpd cb150r…

faza - April 20, 2013

jls lah vixi yg bnyak d’jln , cb inden’na lama bro gk semudah u dptin karna cb kusus untuk orang2 sabar menunggu heheheh , kya w nunggu terlalu lama dan akhir’na dapet jga , w akui kecepatan cb gk ada yg bisa ngejar untuk cc150 ..ane gk nyesel bro ..

23. Riz - April 18, 2013

kalau aku jelas lebih doyan make vixi..cuma satu aja yang rasanya kurang sreg.kalau jalan malam ne dia si raja CB150R yang memiliki cahaya lampu yang terang dengan bohlam 55 Watt. coba aja vixi punya multi reflektor kayak CB,mungkin gak masalah dengan yang lainnya..

24. fredie - April 21, 2013

guew dh syukur ko pny vixi lama, enak buat kerja harian…tp fakta penjaualn mpe maret vixi lbh unggul bhkn 2x lipat. vixi lama jg msh trjual 9rbuan pr bln

25. acay - April 21, 2013

gua pilih yg banyak dipakai aja…

26. Tete Cubited - April 22, 2013

percuma kalian adu argument, adu power.
coba deh kalian semua kalo touring ke daerah pgunungan / desa”.
gitu. coba kalian nongkrong bentar ato gak, lewat pasar di daerah tersebut kalo semisal kalian liat motor cb 150 ato new vixi sambil bawa ronjotan (kira” mangkel gak liat motor kesayangan kalian di buat ronjotan seperti itu. trus bandingin deh banyakan mana antara cb150 sama new vixi) kalo banyak cb150/ new vixi ya jangan sok. yang merasa puny cb 150/ new vixi ber bangga lah karna mereka juga pnya ato bisa dibilang se class sama kamu (hanya sebatas SEPEDA MOTOR RONJOTAN).

WKWKKKWKW

27. ming ming - May 10, 2013

dari dulu Vespa udah 150 cc, anak “jepang” baru dateng udah heboh aja, norak deh…

28. Petong - May 26, 2013

Kalo mslah teknologi,ky’a yamaha yg unggul,tp kalo msalah speed berfariasi,yamaha mmliki nilai lebih pda tarikan n cpat mncpai power trtinggi,tp power ny sprti trtahan saat mncpai top speed,sdngkan honda tarikan bwahny kurang mantap,mncapai power trtingginy susah,tp mslah top speed honda jauh mengungguli yamaha,,,bgtu setauq

29. Raka - June 3, 2013

Cb150r tep2 mantab larinya blh di adu ama new vixi

30. icxmantap - June 7, 2013

keduanya boleh di adu sma nija r ga…????

31. daffa - June 13, 2013

ribut…ribut…kelebihan n’ kekurangan tu motor….kasihan ma yg mo beli…..dah aja punya uang beli yg lu mau….gitu aja repottttt…..hahahahaha…….

32. gombez - June 27, 2013

gombez, semua udah pernah di asepin pulsar 135.. ampun2 tuh motor , karna pulsar 135 double busi double tenaga…

33. novan sahendar - July 4, 2013

Jadi pilihlah suzuki fu 150 DOHC

34. noer - September 23, 2013

vixion punya 5 transmisi aja udah bisa nyaingin honda cb150r yang punya 6 transmisi pake mesin doch lagi tuh honda. apa lagi klau mas vixion pake mesin dock ketinggalan x itu pak DE cb150r wkwkwkwkwkwkwkwkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

35. repsol - September 25, 2013

yg penting punya motor dirawat mah kao ane biar umurnya panjang. ane ada cibi ada cb150, perlakuan juga sama dirawatnya.

36. yudi - November 11, 2013

aku punya v-ixion piston tambhan 1 kecil punya mio, gear 6 topspeed’a 180 km/j kn mesinnya soch bisa dong di putaran atas sama di bawah.

37. Ahmad muhaimin - March 24, 2014

Sudah sudah jangan berteman,,,
yang punya CB150R Mah gak punya malu, barang tiruan aja di bangga”in,,,,,, liat tuh body mirip vixi old,…….

Artinya gc kreatif beud,…….

Yang punya vixi juga jangan bergede hati,,,,..

Gue punya new vixi gak sombong kok,.

Yang penting tuh motor di rawat yang teratur…

Nb: klo naik motor kenceng”, kayak di kejar malaikat izroil aja,..

Hahahahahhaha


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 84 other followers

%d bloggers like this: