jump to navigation

Hyosung GT650R turun harga January 19, 2012

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: ,
trackback

Hyosung Indonesia (HI) dikabarkan menurunkan harga jual GT650R dari semula IDR 120 juta OTR menjadi IDR 85 juta OTR. Begitu juga GT650N menjadi IDR 79 juta OTR. Berita gembira? Mari kita telaah sedikit. Sejak diluncurkan menjelang akhir bulan Juli 2011 lalu, Hyosung series ini sedikit banyak sebenarnya punya kesempatan “mendikte” pasar motor kubikasi 650 cc yang relatif masih sangat baru di tanah air sekalipun peluncuran Hyosung pada waktu itu dibayang-bayangi oleh rencana peluncuran Kawasaki ER6n dan ER6f. Bagaimana strategi Hyosung Indonesia?

Pada waktu diluncurkan, mereka menetapkan entry pricing sebesar IDR 120 juta OTR untuk GTR650R. Target penjualan? Nubi kutip dari otomotifnet.com

“Sebulan bisa menjual dua sampai tiga unit sudah cukup bagus. Karena pasar di 650cc memang tidak terlalu besar,” ungkap Bramantio dari Sportisi Motorsport.

Sepintas tidak ada yang aneh dengan pricing strategy ini. Namun pada tanggal 17 Januari 2011 yang lalu, melalui laman facebook Hyosung Indonesia diinformasikan harga baru GTR650 seharga IDR 85 juta OTR!

Ada perbedaan harga sebesar 35 juta hanya dalam tempo 6 bulan sejak diluncurkan! Bukan main! Tidak diketahui secara jelas apa yang membuat Hyosung Indonesia mengeluarkan “harga baru” . Target penjualan tidak tercapai? Usaha melawan pricing strategy dari motor kompetitor? Atau mark up dan entry pricing berlebihan yang tidak didukung riset dan strategi marketing jangka panjang? Hanya Hyosung Indonesia yang bisa menjawab. Yang jelas seandainya target 2 – 3 motor/bulan tercapai maka ada sekitar 12 – 18 pembeli yang sudah membayar 35 juta lebih mahal dari harga realistisnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: