jump to navigation

Bajaj oh Bajaj, BAI Stop Operasional? October 29, 2012

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: , , , ,
trackback

Sudah dipastikan bahwa pada tahun depan PT. BAI (Bajaj Auto Indonesia) dan PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia) akan bekerja sama dalam hal pemasaran. Pulsar 200NS yang sudah ditunggu oleh pecinta produk Bajaj khususnya seri Pulsar, akan diluncurkan Juni 2012. Dimana P200NS akan dijual? Di semua jaringan resmi dealer Kawasaki Indonesia. Lebih jauh diberitakan bahwa launching P200NS akan dilakukan oleh PT KMI dengan nama Kawasaki – Bajaj 200NS, tanpa embel2 Pulsar lagi. Kerjasama ini tidak main2 karena layanan purna jual dan ketersediaan spare parts P200NS juga ditangani langsung oleh PT KMI. Dikabarkan juga bahwa PT BAI tidak akan menjual 200NS.

Presiden Direktur Bajaj Auto Indonesia (BAI) Tomotaka Ishikawa (tengah) berbincang dengan Event dan PR Manager BAI Rizal Tandju (kiri) dan Wakil Presiden Direktur Dinesh Kulkarni (kanan)

Model kerjasama ini bukanlah hal baru baik bagi Kawasaki maupun Bajaj, model serupa sudah diiterapkan di India dan Philipina, bahkan dalam hal kerjasama di Philipina, Kawasaki dan Bajaj sukses menguasai 45% pangsa pasar motor sport lokal. Agaknya cerita sukses di Philipina inilah yang mendorong Bajaj berencana mengaplikasikan model kerjasama serupa dalam waktu dekat di tanah air.

Hal ini diamini oleh Dinesh Kulkarni, Vice President Director PT BAI. Berikut kutipannya, “Kawasaki akan membantu Bajaj dalam hal technical support, sementara engineering masih oleh Bajaj”. Diketahui bahwa selama ini PT. BAI menjual tiga macam produk,  Pulsar 135, Pulsar 180 dan Pulsar 220 dengan total penjualan rata2 1.300an unit/bulan melalui 140 jaringan dealer. Puaskah BAI? Dinesh menjawab, “Saya tidak puas dengan hasil penjualan tersebut. Setidaknya selama dua tahun saya memimpin disini.”

Apa tanggapan PT KMI? Berikut ini pernyataan Freddyanto Basuki, Marketing & Promotion Manager PT KMI, “Betul akan ada kerjasama antara Kawasaki dengan Bajaj. Tapi lebih kepada kerjasama produk. Mungkin nanti ada produk baru bernama motor Kawasaki – Bajaj, semacam Avanza – Xenia. Tidak ada akuisisi kepemilikan, hanya kerjasama produk saja”.

Mengenai tidak adanya akuisisi, merger atau perubahan kepemilikan saham juga diamini oleh Dinesh, “Yang ada adalah marketing arrangement. This is very clear,” .

Ditengah perkembangan yang menarik ini tercatat berita bahwa Tomotaka Ishikawa selaku President Director PT BAI akan mengundurkan diri, efektif per 1 November 2012. Dalam salinan surat pengunduran dirinya dikatakan sbb: “Facing with Kawasaki collaboration, it became obvious to me that I have almost no influence over the issue and I am afraid  if things may happen against my business ethics.” Cukup jelas bahwa Tomotaka San tidak dilibatkan dalam proses ini dan karenanya beliau memilih mundur.

Foto “mesra” yang akan segera berlalu. Ki-ka: Presiden Direktur Bajaj Auto Indonesia (BAI) Tomotaka Ishikawa (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Direktur Dinesh Kulkarni (tengah), Public Relation Manager Rizal Tandju (kanan)

Sumber:

Advertisements

Comments»

1. teknoride - October 29, 2012

adeuh, makin ga jelas aja masbro..?????? tomotaka san ngundurin diri…?????? woalah jaj bajaj….

2. Bambang Sugeng - October 30, 2012

Cepat, buruan jual Bajaj loe, mumpung harganya belum anjlok abis karena spare part bakalan discontinue. Lumayan, bisa buat uang muka buat beli Honda CB 150 R atau Yamaha New Vixion. P 200 NS juga gak usah ditunggu karena masih karburator, paling umurnya juga setahun karena 2014 semua motor wajib Injeksi. Hari gini yang pasti-pasti aja deh, gak usah jadi fans boy bener dengan label merek Pulsar. Nyesek emang, tapi mau gimana lagi. coba?

3. andy - October 30, 2012

sepertinya memang bajaj ingin lebih meningkatkan diri, tp dengan kondisi yg kurang sesuai maka bajaj memilih utk berkolaborasi dgn kawasaki. soal sparepart saya yakin akan tetap bahkan mungkin lebih baik lagi ketersediaannya dr sekarang, lagipula buat apa hidup klo tidak berani berubah…betul…betul…betul…

4. 2in4 - December 4, 2012

jadi bangga naik bajaj.. tapi sedih juga…

5. rachmadi - December 16, 2012

Nehiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

6. Henry - December 17, 2012

wuih pulsar 180 gue jadi antik nih… mantaf…
waktu nya modifikasi… biar tambah gambot plus wuuuszzz.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: