jump to navigation

Ninja 650 dan Shell V-Power, pengaruhnya ke FC? April 29, 2013

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: , , ,
trackback

Sebetulnya gak harus dites pake Ninja, pake motor apa aja juga valid. Hanya saja sudah lebih dari 2 minggu ini nubi wira wiri pake Ninja 650 buat daily riding, jadi sekalian buat test. Nubi pengen tahu apakah ada perbedaan signifikan dalam hal konsumsi bensin/fuel consumption (FC)  menggunakan Shell Super seperti yang selama ini dikonsumsi oleh N650 nosvelos dengan menggunakan Shell V Power yang baru2 ini diluncurkan Shell. Tahap pertama nubi isi N650 full dengan Shell Super. Tahap kedua isi full dengan Shell V-Power.

Secara umum rute harian nubi adalah rute yang relatif padat, banyak stop n go, 40 km pp, minimum. Setelah 2 minggu nubi menemukan bahwa FC pada kedua BBM ini bisa dbilang sama persis, berkisar pada 17km/liter dengan kondisi seperti diterangkan sebelumnya. Lalu apa sebenarnya keunggulan V Power yang oleh Shell diklaim dikembangkan bersama dengan Ferrari?  Dari informasi brosur yang bisa diperoleh gratis di setiap SPBU Shell, dinyatakan bahwa Shell V Power mengandung formula unik Double Action yang dirancang untuk secara aktif membersihkan dan mengurangi gesekan pada mesin sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga.

Lebih jauh lagi dinyatakan bahwa isi kandungan Shell V Power adalah sbb, permisi kutip:

  • Performance Enhancing Components, dirancang untuk secara progresif menghilangkan kerak yang berpontesi mengurangi performa mesin.
  • Friction Modification Technology, dirancang untuk menambah tenaga pada mesin sejak pengisian pertama.

Dari kedua pernyataan diatas nubi tadinya berharap bahwa point kedua akan menyumbang pada FC yang lebih efisien, namun dalam prakteknya hal itu tidak terjadi, FC-nya bisa dibilang sama persis. How come? Kita buang saja brosur dari Shell dan mencoba mencari informasi sendiri di internet, dari beberapa temuan acak, kira2 bisa disimpulkan pada satu keterangan berikut ini:

Dari 5 point diatas, tidak satupun pernyataan yang memberikan keterangan mengenai penambahan tenaga atau performa pada mesin. Tidak seperti keterangan pada brosur dalam Bahasa Indonesia yang nubi dapat. Nubi ambil kesimpulan saja bahwa value yang ditawarkan oleh Shell V Power bukanlah value yang bisa langsung dinikmati oleh penggunanya, melainkan value jangka panjang dimana kondisi jeroan mesin diklaim akan lebih bersih karena terdapat kandungan deterjen yang berfungsi membersihkan kerak/deposit pada katup intake dan injektor bahan bakar.

Kembali ke pertanyaan awal, pengaruh Shell V-Power ke FC? Jawaban nubi, gak ada. Yang dijual adalah  Friction Modification Technology yang imho hanya teknologi untuk mengurangi gesekan. Mungkin ada pengaruh ke FC, tp tidak signifikan.

Advertisements

Comments»

1. stevant - April 30, 2013

Mung diapusi….

2. jo jo - April 30, 2013

imho..
hubungannya Friction Modification Technology (teknologi untuk mengurangi gesekan) dengan menambah tenaga.
makin sedikit gesekan ya semakin alus gerakan si mesin, jadi mekanisme mesin lebih lancar menjadi tenaga semakin efisien..
ibarat kata, lebih enak riding di jalan mulus daripada jalan gelombang..
saya pake vpow di v125..
biasa pake super saja..
fc mah sama aja 1:50..
tapi ya emang berasa tambah enteng gas nya..

dani - May 3, 2013

Yap berasa alus..dan garing suara mesin..halah kaya gorengan..satu lagi enteng dan anteng…kalo FC..karena enteng narik gak maka enteng pula ngebuang bensin wkwkwkwkw

3. di2 - May 7, 2013

agan isi V-Power nya dari kosong juga atau nyampur dengan yg super? klo nyampur jelass ngga ada bedanya. terasa kok di tarikan dan kealusan mesin. Coba diisi nya dari keadaan tanki kosong atau mendekati empty.

namun secara pribadi saya udah nyoba semua jenis bensin dimotor Vario saya (mtor ecek2 dibanding motor juragan blog… hihihii).. tapi bensin yg langsung terasa ke tarikan yg meningkat menurut penilaian saya adalah bensin Total yg oktan 95, kedua Pertamax Plus. Sedangkan Shell mau yg 92 atau 95 sama aja ngga ada perbedaan. Total 95 Recomended gasoline dari saya.

sekian n salam

4. sucahyoaji - January 22, 2015

mending punya shell dari pertamina kalau pas harganya sama, karena yang punya pertamina sepertinya kebanyakan pewarna.

https://kupasmotor.wordpress.com/2015/01/20/walau-mungkin-bisa-tidak-merusak-mesin-pakai-aditif-tetap-rugi-bro/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: