jump to navigation

Yamaha R15 vs NVL, apa saja bedanya? April 24, 2014

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: , ,
trackback

Sudah  banyak diketahui bahwa Yamaha YZF R15 mengusung mesin yang sama persis dengan NVL. Yang belum banyak diketahui adalah apa saja perbedaan R15 dengan NVL selain dari segi desain? Apakah worth it dengan harganya yang 28 juta? Simak terus … 

Transmisi 6 speed gan…

Dibekali dengan mesin berkode 1PA berkonfigurasi 1 silinder, 4 katup SOHC dan berpendingin cairan. Pasokan bensin mengandalkan teknologi injeksi dengan throttle body 28 mm, pompa bensin tipe brushless. Teknologi khas Yamaha berupa forged piston dan DiAsil cylinder juga sudah diaplikasikan. Perbedaan pertama yang cepat terdeteksi adalah bahwa R15 memiliki transmisi dengan 6 percepatan. Disinyalir bahwa transmisi 6 speed akan membuat mesin bekerja lebih efisien tanpa mengorbankan performa.

ECU Mapping? Baru gan…!

MEsin boleh sama dengan NVL, namun mengusung ECU yang berbeda sama sekali, baik pin maupun map-nya. “Jadi enggak bisa saling tukar, karena pin 2 dan 3 ditukar posisi, cuma sama secara fisik saja. Map-nya juga disesuaikan dengan karakter R15”, demikian keterangan M. Abidin, GM Service & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Weight Distribution, sempurna gan..!

Tim R&D Yamaha merancang weight distribution atau distribusi bobot yang nyaris seimbang antara depan dan belakang. “Hampir 50:50, tepatnya depan 49,3% dan belakang 50,7%, terang Abidin. Disinyalir dengan pembagian bobot yang seimbang akan memberi kontribusi pada kemampuan manuver dan handling yang mumpuni pada R15.

Distribusi bobot seperti diatas dicapai dengan cara membuat swing arm yang lebih panjang. “Lebih panjang 45mm dibanding V-ixion,” terang Abidin. Info tambahan, swing arm dibuat dari material aluminium untuk bobot yang lebih efisien.

R15_Swing_arm

Koeefisien drag rendah gan…

R15 ini disinyalir adalah versi yang paling sempurna, salah satunya karena perbaikan koefisien drag. “Ada perbaikan di kisi-kisi saluran udara pada fairing, sehingga koefisien drag labih bagus 4% dari versi sebelumnya,” terang Abidin.

Lampu rem LED, modis gan…

Mengikuti trend yang sedang marak, aplikasi LED yang hemat energi dan tahan lama diterapkan pada lampu rem R15.

R15tail_LED

 

Sumber: Tabloid Otomotif 52/XXIII, April 2014. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: