jump to navigation

KTM di Indonesia – calon game changer? September 15, 2016

Posted by andre455 in Otomotif.
Tags: ,
trackback

Menarik juga mencermati kiprah PT PJLM selaku agen resmi motor KTM sub 400cc. Sukses menjual 222 unit KTM varian Duke dan RC pada GIIAS 2016 Agustus lalu tidak membuat PT PJLM terlena.

“Membangun infrastruktur dan sistem adalah yang paling utama. Jadi yang ingin dilihat lebih dahulu adalah bagaimana perkembangan network, cara handle dealer, cara menangani aftersales, termasuk cara menangani back up sparepart,” kata President Director PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) Kristianto Goenadi. Ok, apa lagi? 

Info lebih jauh adalah bahwa PJLM juga ditopang oleh salah satu perusahaan komponen yang cukup besar di Indonesia yang bermarkas di Jawa Timur. Perusahaan ini juga memiliki pengalaman panjang memproduksi part OEM (Original Equipment Manufacturer) dan part aftermarket. Selain itu, juga memegang distribusi beragam komponen dari luar negeri seperti Jepang.

PJLM juga sudah memulai workshop teknis selama seminggu yang diikuti oleh 40 mekanik. Dengan trainer langsung dari Bajaj Auto Limited sebagai pemegang saham KTM Austria (48%), dari mana saja pesertanya? Workshop ini diadakan untuk dealer dan calon dealer KTM serta calon bengkel independent di sejumlah kota. “Bengkel independent adalah bengkel umum yang biasa menjadi rujukan komunitas, kami juga mensupport mereka untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam,” beber AZ Dalie, Sales and Marketing Strategic Advisor PT PJLM.

Sehubungan dengan dealership, “Targetnya hingga akhir tahun kami sudah memiliki 9 sampai 10 dealer di Jakarta dan Bandung. Setelah dealer di dua daerah ini bisa berjalan dengan baik, kami baru akan ekspansi ke daerah lain,” tutur Kristianto Gunadi, President Director PT PJLM.

Untuk diketahui, dealer yang sudah beroperasi sbb:
KTM Store Sunter : Ruko Green Lake BLOK S.T Jl. Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok
Trans Studio ( TSM ) Bandung : Jl. Gatot Subroto No 289 022-87342495
Mitraindo Serpong : Jl. Raya Serpong No 18 KM 8 Serpong Tanggerang 021-5396933
Mitraindo Rempoa : Jl. Rempoa Raya No 11 Kel Bintaro – Pesanggrahan Jaksel 021-73690191

“Semua dealer kami adalah 3S melayani sales, service dan spare part,” yakin Kristianto saat dikonfirmasi kelengkapannya. Bahkan PJLM melangkah lebih jauh lagi, mereka mengklaim bahwa produk KTM yang mereka pasarkan kali ini sudah diperbaiki untuk mengatasi keluhan panas berlebih pada produk KTM sebelumnya.  Terdengar too good to be true, produk yang lebih baik dengan harga yang lebih murah?Woooh serius iki?? Manteb kalo bener begitu… 

Semua hal diatas dikerjakan mengiringi rencana PJLM membangun pabrik perakitan KTM di Gresik Jawa Timur. Entah strategi apa yang dipakai oleh PJLM, merah, biru, kuning coklat? Halah… Jelas masih banyak yang perlu dikerjakan oleh PJLM namun sejauh ini roadmap dan kerja keras mereka patut diapresiasi. Apakah akan berhasil? Time will tell laaaghh… namun sejauh ini rencana dan strategi yang dijalankan PJLM jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. Setidaknya PJLM cukup sadar untuk tidak hanya mengandalkan nama besar KTM dan produk yang premium. Usaha PJLM memasang harga yang kompetitif untuk produk KTM dengan berkolaborasi secara langsung dengan Bajaj Auto Limited adalah indikasi kejelian PJLM, hal yang tidak mau bisa dilakukan oleh pendahulunya.

Kita nantikan PJLM menjadi penantang yang sepadan utk APM lainnya, a game changer. Biar seru kojot kojor pletak pletog... Good luck!

 

Sumber: otomotifnet.com/

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: